Monday, July 29, 2019

Pengertian LAN,MAN,WAN

Pengertian LAN,MAN,WAN

1. LAN (Local Area Network)

Lokal Area Network merupakan internet dengan jangkauan mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan kabel seperti UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Router dan sebagainnya. Contoh cakupan wilayah LAN antara lain seperti ruangan antar ruangan, maupun gedung antar gedung


2. MAN (Metropolitan Area Network)

Beda dengan LAN cakupan MAN cukup luas dapat mencakup internet antar kota. Dalam membuat jaringan MAN biasanya membutuhkan operator untuk menghubungan jaringan antar komputer

3. WAN (Wide Area Network)

Daya cakupan dalam WAN lebih luas dibandingkan dengan LAN dan MAN. Biasanya teknologi yang digunakan untuk WAN itu sangat canggih.

cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan LAN dan MAN, tukar dan menukar informasi yang terarah untuk mencakup antar negara.


Jenis koneksi jaringan WAN

A. Leased Line

   Leased line disebut juga point to point atau dedicated connection (koneksi yang disediakan khusus untuk pelanggan dimana bandwithnya khusus untuk pelanggan itu saja). Leased Line adalah sebuah jalur komunikasi WAN dari CPE yang telah ditetapkan sebelumnya oleh service provider melalui switch DCE menuju CPE dilokasi remote yang memungkinkan jaringan-jaringan DTE berkomunikasi setiap saat tanpa melalui prosedur setup terlebih dahulu sebelum melakukan transmisi data.
   Jenis koneksi ini memberikan koneksi secara terus menerus setiap saat dan dapat digunakan kapanpun, tentunya dengan biaya yang lebih mahal. Contoh: berlangganan (speedy).

B. Circuit Switching

   Circuit Switching adalah sebuah jalur komunikasi yang digunakan dengan network Dial-Up seperti (point to point protocol) dan ISDN (Integrated Service Digital Network) yang harus melakukan setup  pada koneksi terlebih dahulu sebelum melewatkan data, sama seperti melakukan panggilan telepon.


.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
?max-results="+numposts2+"&orderby=published&alt=json-in-script&callback=recentarticles67\"><\/script>");

About Me

Japan
ya saya sih cuma pemula aja, masih harus banyak belajar, kalo banyak yang salah maaf yah...

Contact Form

Name

Email *

Message *

Total Pageviews

Search This Blog

Labels

welcome to my blogg

welcome to my blogg

My Blog List

Social Follow

Pages

Halaman

Weekly post